Senin, 16 Maret 2009

JAGAT RAYA KODE

Di hamparan ranah tanda baca dan abjad, para penulis menyampirkan ide gagasannya. Di ranah ini pula tanggung jawab publik menggelayutinya.
Adapun kebahagiaan absolut adalah ketika pesan itu tersampaikan, merubah gagasan kolektif publik salah satu efeknya, akibat lainnya adalah popularitas dan kebutuhan hidup yang terpenuhi.
Tanggung jawab menjadi seorang penyampai pesan publik adalah tanggung jawab setiap individu di jagat raya kode ini. Semua yang tertuang dalam karya seni, baik itu berupa karya sastra, karya seni musik, seni rupa, seni berkata-kata adalah kode yang diramu sedemikian rupa untuk dikritisi masyarakat, hakikatnya muncul perubahan dalam masayarakat.
Jadi alangkah sayangnya jika kita tidak mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi media penyampai pesan ini dengan baik.
Satu bait tulisan bisa merubah visi dunia, satu titik di ribuan koma adalah perubahan. Jadi satu pesan berarti, di ribuan wall Facebook adalah perubahan. Satu konsistensi tulus dalam sebuah divisi perusahaan adalah angin segar.
Maka mulailah berkarya untuk sebuah perubahan. Mulailah menyelam di jagat raya kode ini untuk mencari celah penyampai pesan. Jangan sampai kita alergi dengan perubahan, jangan sampai kita terkencing-kencing menemui kenyataan di luar referensi manusia. Hakikatnya manusia belajar dan mencari, apapun bentuknya. Memanfaatkan waktu dalam setiap euforia adalah memancangkan diri kita di satu titik kesadaran.

1 komentar:

tresnadewidinni mengatakan...

memanfaatkan euphoria sebagai media penyampai gagasan adalah satu dari ribuan strategi yang mungkin ada. Yang menjadi pertanyaan adalah mungkinkah kita menjadi bagian dalam arus euphoria itu? Tergerus dan dikendalikan oleh perkakas? well, not a very good way to go..
ps: don't be mad i just try to give a bit of opinion :)